jadwal keberangkatan ke pulau pari

Jadwal Keberangkatan ke Pulau Pari

Pulau Pari merupakan salah satu objek wisata terdekat dari kota Jakarta. Hanya butuh waktu sekitar 45 menit saja dengan speedboat atau sekitar 1,5 jam menggunakan kapal tradisional untuk bisa sampai ke sini. Tak ayal, Pulau Pari menjadi salah satu destinasi wisata yang tak pernah kehabisan pengunjung.

Selain itu, akses menuju lokasi ini terbilang mudah dan biaya yang dibutuhkan cukup terjangkau. Moda transportasi laut yang digunakan antara lain ferry, kapal tradisional, dan speedboat. Hanya saja, wisatawan lokal biasanya lebih memilih menggunakan kapal ferry atau kapal tradisional karena ongkosnya lebih ekonomis. Sedangkan, wisatawan mancanegara kebanyakan menggunakan speedboat untuk mendapatkan pengalaman perjalanan laut yang lebih eksklusif.

Jika Anda memilih menggunakan transportasi kapal ferry atau kapal tradisional, maka meeting point-nya berada di pelabuhan Muara Angke. Pelabuhan ini bisa diakes dari titik-titik terdekat, yakni:

Tanah Abang ke Pulau Pari

Jika posisi Anda berada di seputaran Tanah Abang, Anda hanya perlu naik mikrolet 08  lalu turun di stasiun kota. Selanjutnya, dari stasiun kota dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Kopami 02 rute Senen-Muara Karang. Turun tak jauh dari Muara Angke. Sampai di sini, Anda tinggal menggunakan jasa ojek ke Kali Adem.

Bekasi ke Pulau Pari

Anda yang berangkat dari Bekasi bisa menggunakan angkutan Mayasari Bakti AC29 jurusan Bekasi-Grogol/Kalideres. Turun di Grogol lalu lanjutkan perjalanan dengan angkot merah KWK B01 jurusan Grogol-Muara Angke. Dari Muara Angke, Anda tinggal meneruskan perjalanan yang tidak seberapa jauh lagi menuju Kali Adem dengan ojek.

Bogor dan Depok ke Pulau Pari

Untuk Anda yang berada di Bogor atau Depok, silakan gunakan armada KRL jurusan Jakarta kota. Anda akan tiba di stasiun Jakarta Kota. Di seberang Halte, tepatnya di Museum Mandiri, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan 02 Senen-Muara Karang dan turun di kawasan Muar Angke yang terdekat dari Kali Adem. Dari titik perhentian Anda tinggal menyambung perjalanan ke pelabuhan Kali Adem menggunakan ojek.

Jadwal keberangkatan semua jenis transportasi yang digunakan menuju Pulau Pari dimulai dari pagi, yaitu pukul 07.00-08.00 WIB. Namun, khusus akhir pekan berlaku jadwal keberangkatan ke Pulau Pari dengan tambahan yang dimulai pada pukul 11.00 WIB. Silakan datang lebih pagi agar bisa mendapat tempat.

Untuk tarif kapal tradisional dan ferry berkisar antara 35 ribu-55 ribu rupiah sekali jalan. Sedangkan jika Anda memilih menggunakan speedboat yang berangkat dari dermaga Marina Ancol, Anda perlu menyiapkan dana sebesar 250-350 ribu rupiah  sekali jalan (di luar harga tiket masuk Ancol).

Perbedaan biaya transportasi antara keduanya tersebut tentu disesuaikan dengan kenyamanan yang akan Anda peroleh selama di perjalanan nantinya.