Kenapa Pulau Pari Begitu Indah? Ternyata Begini Lokasinya

0

Kenapa Pulau Pari Begitu Indah? Ternyata Begini Lokasi nya – Kepulauan Seribu terdiri dari beberapa gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dari sekian banyak pulau yang ada, sebagian telah digarap menjadi objek wisata. Salah satunya Pulau Pari.

Kenapa Pulau Pari Begitu Indah? Ternyata Begini Lokasi nya

Pada mulanya, Pulau Pari merupakan virgin island alias pulau perawan yang tak tersentuh tangan manusia dan belum bernama. Dahulu, pulau ini sempat menjadi tempat pelarian dan persembunyian warga pribumi yang ingin mengindari kekejaman penjajah Belanda.

Satu per satu warga Tangerang merapat ke Pulau Pari untuk menyelamatkan diri dari kerja paksa. Mereka menggantungkan hidup dari hasil laut. Kebetulan, perairan di sekitar Pulau Pari termasuk dangkal. Dan yang menakjubkan di pulau ini banyak sekali terdapat ikan pari. Karena itulah penduduk menamakannya dengan Pulau Pari.

Seiring berjalannya waktu, potensi pulau ini semakin banyak yang bisa ditonjolkan. Selain hasil laut berupa ikan, perairan Pulau Pari juga kaya akan beragam jenis rumput laut. Tak heran jika Pulau Pari dijadikan tempat penelitian resmi dan budidaya rumput laut. Kini, Pulau Pari telah menjadi satu icon wisata menarik di Kepulauan Seribu. Tak kurang 200.000 wisatawan domestik dan mancanegara berkunjung ke sini setiap tahun.

Secara geografis, Pulau Pari terbantang seluas 42.3 hektare. Terletak di sebelah utara kota Jakarta dan masuk ke dalam administrasi Kepulauan Seribu. Di sekitar Pulau Pari, terdapat beberapa pulau-pulau lainnya seperti Pulau Tikus, Pulau Gudus, Pulau Tengah, dan Pulau Kongsi. Jika Anda berwisata ke pulau ini, cobalah bergerak ke arah timur Pulau Pari. Sebab di kawasan itulah pusat wisata Pulau Pari sesungguhnya.

Meski Pulau Pari bukan satu-satunya tujuan wisata di Kepulauan Seribu, namun di pulau inilah Anda bisa menemukan ketentraman dan embusan angin laut yang menenangkan ketimbang di pulau-pulau lain. Pun, kondisi kondisi alam di sekitar Pulau Pari masih terbilang bersih dan lebih terawat. Ditambah lagi, penduduk setempat sangat ramah pada setiap wisatawan yang datang. Sehingga, membuat Anda tak rela cepat-cepat pulang ke kota.

10.0 Awesome
  • 10
  • User Ratings (1 Votes) 9.8
Share.

Leave A Reply